Menikmati Cahaya Surga di Goa Jomblang

Menikmati Cahaya Surga di Goa Jomblang

Liburan akhir pekan memang paling pas untuk dinikmati dengan petualangan. Melihat cahaya surga sambil memacu adrenalin, Gua Jomblang jawabannya.

Goa Jomblang termasuk salah satu wisata alam yang berada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Namanya mungkin tidak setenar Goa Pindul, tapi pesonanya tidak bisa diremehkan. Cahaya surga adalah daya tarik utama dari pertualangan di Goa Jomblang.

Sebelum menjelajah Goa Jomblang, pengunjung diharuskan untuk memakai peralatan khusus yaitu sepatu boots karet dan helm. Untuk sepatu boots karet disediakan dari ukuran kaki 38.

Jadi untuk yang ukuran kakinya kurang dari 38 disarankan untuk membawa ganjelan atau membawa sepatu sendiri. Untuk mengurangi lecet-lecet dan licin, disana juga ada yang menjual kaos kaki dengan harga Rp.20.000.

Yang membuat Goa Jomblang berbeda dengan goa-goa lainnya adalah sebelum memasuki goa, kita harus menuruni tebing dengan tali. Jangan khawatir, kita akan turun dengan pengaman dan dipandu oleh petugas disana. Setelah mendarat, tali akan dibukakan pertugas dan kita akan melanjutkan perjalanan ke mulu goa melalui jalanan berlumpur.

Setelah sampai di mulut goa, ternyata kondisi di dalam lebih berlumpur dan gelap. Jangan khawatir, sudah ada kayu yang sengaja diletakan untuk mempermudah kita berjalan. Tapi juga harus hati-hati karena ketika salah menginjak, bisa-bisa kaki kamu masuk ke lumpur dan susah menariknya.

Cukup jauh berjalan, dari kejauhan terlihat cahaya terang yang berarti hampir sampai di ujung goe. Semakin mendekat, kita akan melihat cahaya yang menyinari goa dari atas. Inilah yang sering disebut dengan cahaya surga. Selain cahaya surga, batuan disana juga belum ditemukan umurnya berapa saking tuanya.

Hati-hati jika membawa kamera karena disana lumpur dimana-mana. Khawatir kita jatuh dan kameranya masuk ke lumpur. Pakaian yang digunakan juga harus pakaian yang enak dipakai bergerak.

Selesai menjelajahi goa, kita akan naik ke atas lagi menggunakan tali. Setelah itu kita akan bersih-bersih dan langsung makan siang. Oh iya, waktu untuk ke Goa Jomblang adalah sekitar jam 10.00-12.00 WIB karena di waktu tersebut matahari tepat berada di atas dan cahaya surganya akan sangat indah.

Untuk berpetualang di Goa Jomblang, wisatawan membayar sekitar Rp 450.000- Rp 1.000.000 rupiah tergantung dari fasilitas yang didapatkan disana.

Sumber: https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-4086210/menikmati-cahaya-surga-di-goa-jomblang/3

Bagikan:
banner 468x60

No Responses

Leave a Reply