Pentas PAI Tingkat SMA/SMK Se-Kota Tangerang Selatan

Pentas PAI Tingkat SMA/SMK Se-Kota Tangerang Selatan

Kejarinfo.com – Kegiatan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) tingkat SMA/SMK se-Kota Tangerang Selatan digelar pada Sabtu (27/04/2019) bertempat di Yayasan Al-Mubarok, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Acara dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Abdul Rojak, dan dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kanwil Banten yang diwakili oleh Sopandi, Kasi Pakis Kemenag Tangsel, Muhammad Edi Suharsongko, Ketua AGPAI Banten, Mustahdi, Ketua MGMP PAI SMK/SMA, Nurhadi, Pengawas PAI Kemenag Tangsel, Abbas dan Yana Suryana, para guru PAI SMA/SMK Kota Tangsel, dan para peserta lomba Pentas PAI SMK/SMA.

Dalam sambutannya saat membuka acara, Kepala Kantor menyampaikan beberapa hal, antara lain bahwa kegiatan Pentas PAI ini dilakukan dalam rangka mengetahui kompetensi dan kemampuan siswa dibidang Pendidikan Agama Islam.

Dijelaskannya, Pentas PAI dapat dikategorikan sebagai bentuk evaluasi pembelajaran PAI, bagaimana penguasaan siswa dalam qiroatul qur’an (MTQ), hafalan ayat-ayat Al-Qur’an (MHQ), penguasaan pemahaman Agama Islam (Debat), penjiwaan mereka terhadap seni Islami (Seni Nasyid) dan kreasi busana yang Islami sesuai dengan nilai-nilai syar’iat Islam.

“Semoga dari kegiatan Pentas PAI ini akan lahir siswa-siswi yang berkualitas, memiliki komunikasi yang baik, dan sikap kritis di kalangan para siswa. Selain itu siswa-siswi semakin memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupannya sehari,” tutur Kepala Kantor.

Lebih lanjut Kepala Kantor berharap dengan adanya kegiatan Pentas PAI ini akan terbangun kreatifitas dan daya kritis berfikir siswa dalam pemahaman agama Islam, sehingga Islam dipahami secara menyeluruh dan muncul sikap moderat terhadap Islam.

“Kemenag Tangsel sangat berharap dukungan Pemerintah Kota Tangsel melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan atau SKPD lainnya yang relefan dalam kegiatan Pentas PAI ini, baik untuk penyelenggaraan tingkat Kota Tangsel, Kanwil Propinsi Banten, bahkan tingkat Nasional yang direncanakan akan diselenggarakan di Makasar pada bulan Oktober 2019,” sambungnya.

Menurutnya, pentas PAI adalah bagian pelayanan pendidikan pada sekolah umum karena pesertanya adalah siswa pada SD, SMP, SMA dan SMK.

“Tunjangan profesi guru PAI pada sekolah sebesar kurang lebih 14 miliar setiap tahun digelontorkan langsung dari Kemenag Tangsel kepada guru PAI pada sekolah umum, dan 85 % guru PAI penerima tunjangan profesi adalah guru-guru di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel. Maka sangat wajar jika kegiatan pentas PAI pada sekolah umum ini disupport dengan DPA Pemkot Tangsel,” tandasnya.

Kegiatan PENTAS PAI SMA/ SMK ini diikuti oleh 275 peserta dari 45 SMA/SMK yang mengirim utusan, dan sebagai penyelenggara kegiatan adalah MGMP PAI SMK /SMK Kota Tangsel. Cabang yang diperlombakan antara lain lomba MTQ (Tilawah Al-Qur`an), Debat PAI, Lomba Pidato, Lomba Nasyid, dan Lomba Busana Muslim Muslimah.

Acara ditutup oleh Kasi Pakis Kemenag Tangsel, Muhammad Edi Suharsongko. Dalam sambutannya dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia, baik panitia pentas PAI SMA-SMK dan Pentas PAI SD Kecamatan Pondok Aren yang pada hari yang sama juga menyelenggarakan Pentas PAI SD se-Kecamatan Pondok Aren, para guru PAI SMA-SMK dan SD Kecamatan Pondok Aren, yang telah mensukseskan acara ini.

“Ini adalah pengabdian yang sangat kami apresiasi, keikhlasannya sebagai bukti kinerja yang baik. Semoga Allah SWT membalas jerih payah kita semua,” ujarnya.

Dirinya juga mengucapkan selamat kepada para pemenang, seraya berpesan agar terus mengukir prestasi terbaik menuju juara pentas PAI di tingkat Kanwil Propinsi Banten dan tingkat Nasional di Makasar.

“Jangan kecewa bagi yang belum menjadi juara, tetaplah berprestasi dan terus semangat, karena kekalahan hanyalah kesuksesan yang tertunda,” pungkasnya. (UJ)

Bagikan:
banner 468x60

No Responses

Leave a Reply