Mahasiswa UMY Ciptakan Kasur Pintar Berteknologi ‘Miring-Miring Sehat’

Mahasiswa UMY Ciptakan Kasur Pintar Berteknologi ‘Miring-Miring Sehat’

Jakarta – Pasien yang harus berbaring total di kasur rumah sakit untuk waktu yang lama, seperti pasien stroke, bisa terkena masalah pada tubuhnya. Berbaring terlalu lama bisa menimbulkan luka tekan atau pressure ulcer pada tonjolan tulang di tubuh pasien.

Tim gabungan yang berasal dari dua program studi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengembangkan sebuah teknologi berupa kasur pintar yang bisa mengurangi resiko timbulnya luka tekan pada pasien yang harus berbaring lama di rumah sakit.

“Kami berkaca pada masalah yang sering terjadi pada pasien bed rest total di rumah sakit,” ujar Ari Wahyudi Putra, salah satu anggota tim, kepada detikHealth pada Selasa (17/07/2018).

Baca juga: Keren! Di Tangan Mahasiswa Unibraw, Ampas Wortel Jadi Sumber Vitamin A

Teknologi kasur pintar yang diberi nama Miring-miring Sehat (MIMI SEHAT) bekerja dengan memberikan pengaturan posisi secara mandiri oleh kasur sesuai dengan interval waktu yang ditentukan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi tekanan pada satu tumpuan saja dan supaya kasur mampu memberikan sirkulasi udara pada daerah tonjolan tulang yang berisiko terjadinya luka tekan.

Mahasiswa teknik mesin yang akrab disapa Aria ini menjelaskan kalau angka kejadian luka tekan di Indonesia terhitung cukup tinggi dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya. Angka yang cukup tinggi ini didapatkan akibat perawatan pada kelas ekonomi memberikan linen yang cenderung lembab dan kurang terurus, sehingga memiliki lipatan-lipatan yang mungkin memunculkan resiko terjadinya luka tekan.

Selain itu, pasien yang harus berbaring total untuk waktu yang lama seharusnya menggunakan kasur khusus. Inilah alasan yang membuat kelima mahasiswa ini mengembangkan teknologi MIMI SEHAT.

Tim yang terdiri dari lima orang ini bekerja sama dengan M One Technology SMK Muhammadiyah Sukoharjo yang merupakan produsen kasur rumah sakit di Jawa Tengah. Kasur pintar buatan anak bangsa ini sudah pernah lolos Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) dan sangat diapresiasi oleh berbagai pihak, termasuk Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI (RISTEKDIKTI).

Kasur pintar MIMI SEHAT yang dikembangkan oleh Suharli, Muhammad Nabil Dhiyaulhaq D., Faiz Evan Saputra, Indah Septianing Tias, dan Aria Wahyudi Putra ini sudah siap untuk dikomersilkan. Pada tahap awal, MIMI SEHAT akan dipasarkan di area Jawa Tengah terlebih dahulu.

“Setelah berkas publikasi dan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) kelar, baru dipasarkan di seluruh Indonesia,” tutur Aria.

Sumber: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4120437/mahasiswa-umy-ciptakan-kasur-pintar-berteknologi-miring-miring-sehat?_ga=2.178853603.633031647.1531965830-801890400.1524052669

Bagikan:
banner 468x60

No Responses

Leave a Reply