3 Hari Pelaksanaan Mtq, DLH Kumpulkan 300 KG Sedekah sampah

3 Hari Pelaksanaan Mtq, DLH Kumpulkan 300 KG Sedekah sampah

Kota Tangerang – Dalam upayanya mengurangi sampah, dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan lingkungan, pemerintah kota tangerang melalui dinas lingkungan hidup membuka gerai sedekah sampah disetiap sudut dalam rangkaian kegiatan MtQ.

Buceu Gartina, Kepala bidang kebersihan pada dinas lingkungan hidup kota tangerang menyebut, dalam waktu tiga hari pihaknya berhasil mengumpulkan tidak kurang dari 300 Kg sampah plastik yang dapat didaur ulang.

“Ini adalah salahsatu upaya mengurangi volume sampah yang dikirim ke TPA rawa Kucing, dan alhamdulillah warga antusias dan menyambut baik program ini,”jelasnya kepada wartawan Kamis (28/3) kemarin.

Menurut dia, program sedekah sampah yang sengaja disediakan pada pagelaran Mtq diharapkan dapat meningkatkan dan memberikan edukasi khususnya bagi warga kota tangerang bahwa sampah dapat menjadi ladang pahala.

“Biasanya mereka langsung membuang seluruh sampahnya, disini kami mencoba memberikan pengertian kepada masyarakat agar memilah sampah sebelum dibuang untuk disedahkann,”jelasnya.

Ia mengaku, selain pada pagelaran MTQ pihaknya juga membuka layanan sedekah sampah jemput sedekah sampah dengan menghubungi petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang.

“Masyarakat bisa menyumbangkan sampah yang mereka miliki dengan menabung di bank sampah,”pungkasnya.

Buceu menambahkan, dalam program sedekah sampah masyarakat mendapatkan tiga keuntungan sekaligus yakni salah satu solusi pengelolaan sampah berbasis masyarakat melalui pendekatan kesehatan dan agama.

“Dari mulai pengunjung, bahkan ada juri yang ikutan bersedekah sampahnya,”tuturnya.

Ditemui terpisah, Andhika Suherman mengaku menyambut baik program sedekah sampah yang tersedia disetiap sudut pagelaran MTq.

“Sekaligus mengajarkan anak – anak untuk beramal, bersedekah sekaligus menjaga lingkungan agar tetap hijau,”Ujar Andhika yang saat itu membawa serta putrinya untuk menyaksikan pagelaran Mtq.

dengan sedekah sampah yang tengah gencar dicanangkan pemerintah kota tangerang ia berharap dapat menambah wawasan putrinya akan pentingnya turut menjaga lingkungan.

“Minimal yang mereka tangkap adalah sampah tidak selalu harus dibuang, akan tetapi dapat disedekahkan, tapi tentunya setelah dipilah terlebih dahulu,”akunya

Bagikan:
Tags:
banner 468x60

No Responses

Leave a Reply