Polres Tapsel Ungkap Pelaku Pembunuhan Di Dolok Sae

Padang Lawas Utara – Polres Tapanuli Selatan mengungkap pelaku pembunuh Kanda Siregar (59) yang terjadi di Dolok Sae, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), diketahui sebelumnya korban ditemukan dalam kondisi tak bernyawa dan mulai membusuk di area kebun miliknya.

Kapolres Tapsel AKBP Imam Zamroni SIK MH menyampaikan, berdasarkan hasil otopsi dan keterangan dokter, korban meninggal akibat kekurangan nafas atau mati lemas dikarenakan luka jeratan pernafasan dileher korban serta diperparah dengan adanya pendarahan di otak.

“Dari hasil pemeriksaan saksi yang telah dilakukan, sehingga mengkerucut sebuah pelaku, selanjutnya dilakukan pengejaran dan Alhamdulillah kami berhasil melakukan pengamanan atau penangkapan terhadap terduga pelaku dengan inisial PS” ucap Kapolres Tapsel saat menggelar konferensi pers di Mako Polsek Padang Bolak, Selasa (10/1/2023).

Kapolres Tapsel menyebutkan, motif dari pembunuhan ini dikarenakan sakit hati, karena sebelumnya pelaku PS (40) sempat meminta izin kepada korban untuk meminjam lahan dan bercocok tanam dilahan korban tersebut, namun saat itu korban tak mengizinkan, sehingga PS menjerat leher korban menggunakan kain sarung serta memukulinya hingga tewas.

Kapolres Imam Zamroni menjelaskan, PS diduga telah merencanakan pembunuhan sejak berangkat dari rumah karena PS telah menyiapkan kain sarung yang dijadikan sebagai alat untuk menjerat leher korban hingga meninggal dunia.

Sebelumnya PS sempat mengambil harta benda milik korban berupa uang dan minyak nilam serta dijual kepada penampung, hal itu dilakukan dengan cara mencongkel pintu rumah korban. Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya ini, PS dijerat dengan pasal 340 KUHP Subsider 338 junto 363 ayat 1 dengan ancaman hukuman mati dan penjara dua puluh tahun.

Ismael Siregar

Pos terkait