Mengenal Peran BUMDes Menuju Desa Wisata

KEJARINFO.COM || SUMUT – Pentingnya peran serta Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam membangun dan mengelola pemerintahan menuju desa wisata yang memiliki tujuan untuk mendongkrak perekonomian masyarakat desa di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), maka pemerintah desa serta masyarakatnya perlu mengikuti bimbingan teknis.

Sehubungan dengan hal itu, Lembaga Studi Membangun Bangsa (LSMB) menyelenggarakan bimbingan teknis dengan Judul “BUMDes Desa Wisata” yang diadakan pada Kamis – Minggu, 26 – 29 Mei 2022, Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Garuda Plaza dan Hotel Grend Antares serta mengundang seluruh Kepala Desa yang ada di Kabupaten Paluta untuk mengikuti pelaksanaan bimtek ini.

Kegiatan tersebut di selenggarakan merujuk kepada Permendes Nomor 7 tahun 2021 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2022 pasal 6 yang menyebutkan bahwa salah satu prioritas penggunaan dana desa tahun 2022 adalah pengembangan desa wisata untuk pertumbuhan ekonomi merata.

Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang merupakan lembaga perekonomian milik desa dapat berperan aktif dan efektif dalam upaya membangun pariwisata desa dan menciptakan desa wisata yang bermuara kepada meningkatnya pendapatan dan daya saing masyarakat desa.

Ketua umum LSMB Allan Hadi Wibowo SE menjelaskan desa wisata berpotensi menjadi sektor andalan pendapatan bagi masyarakat desa dan dapat menciptakan pemerataan serta kemandirian ekonomi masyarakat desa, “pada saat inilah peran BUMDes sangat diperlukan untuk merumuskan barbagai hal mulai dari tahap pemetaan, perencanaan hingga pengembangan potensi wisata yang ada di desa” jelasnya.

Lebih jauh dijelaskan, BUMDes bukan saja membentuk desa Wisata akan tetapi menjadikan wisata sebagai industri desa. Untuk itu, seluruh peserta bimtek dituntut agar selalu aktif dalam mengikutinya demi menyerap ilmu yang di paparkan oleh narasumber untuk diterapkan di setiap desa di Padang Lawas Utara.

Pantauan di Hotel Garuda, Jumat, 27/5, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Utara DR.Hendra Dermawan Siregar SSTP MSP, menyempatkan diri untuk berkunjung dan memberikan arahan kepada semua peserta bimtek.

Diketahui, dalam pelaksanaan bimbingan teknis ini LSMB menjadikan Tomson Manapar Purba SP MSP yang menjabat sebagai Analis Kebijakan PUED, SDA & TTG pada Dinas PMD Provsu dan Berliana Simatupang SE menjabat sebagai Fungsional Analisis Kebijakan Pembangunan Sarpras pada dinas PMD Provsu sebagai Narasumber.

Wartawan : Ismael Siregar

Pos terkait