Gubernur Jateng Buka Lomba Pidato Gaya Bung Karno

Gubernur Jateng Buka Lomba Pidato Gaya Bung Karno

Semarang – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuat lomba pidato gaya Bung Karno Lomba dalam rangka peringatan bulan Bung Karno ini dimaksudkan untuk mencari Soekarno-Soekarno muda.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan sengaja membuat lomba itu untuk menggelorakan semangat perjuangan Bung Karno kepada anak muda. Dengan cara itu, anak muda akan semakin mengenal sosok sang proklamator bangsa, sekaligus menumbuhkan jiwa nasionalisme di antara mereka.

“Saya kemarin diskusi, gimana ya caranya generasi muda kita memahami betul tentang sosok Bung Karno. Banyak juga yang belum tahu, kalau bulan Juni ini dikenal dengan bulan Bung Karno. Lalu muncullah ide membuat lomba pidato ini,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Ganjar sengaja mengambil tema Cara Kami Mencintai Indonesia dalam lomba pidato Bung Karno itu. Menurutnya, cara mencintai Indonesia di kalangan masyarakat tidak bisa disamakan, karena mereka mengekspresikannya dengan cara yang berbeda.

“Kita tahu anak-anak, pelajar, dan pemuda punya cara dan pandangan sendiri bagaimana mencintai Republik ini. Mungkin dengan mencintai alam dan lingkungan, dengan main game, olahraga, berkesenian, dan sebagainya. Karena mencintai itu berbeda-beda caranya, namun satu tujuannya, Persatuan Indonesia,” jelasnya.

Ditambahkan, lomba Pidato Bung Karno dikelompokkan dalam tiga kategori. Pertama untuk anak-anak TK hingga SD, kemudian kedua untuk remaja tingkat SMP dan SMA, dan ketiga kategori mahasiswa dan masyarakat umum.“Masing-masing kategori akan dipilih juara pertama hingga ketiga. Untuk juara pertama, mendapatkan hadiah Rp2,5 juta, juara kedua Rp1,5 juta, dan juara ketiga Rp1 juta,” jelasnya.

Ganjar menyampaikan, untuk mengikuti lomba para peserta membuat naskah pidato yang orisinil sesuai tema, yakni Cara Kami Mencintai Indonesia. Pidato kemudian dibacakan dengan intonasi ala Bung Karno dan disajikan dalam bentuk video berdurasi satu sampai tiga menit.“Peserta boleh mengenakan kostum ala Bung Karno. Supaya terlihat gagah. Intonasi dan gaya bahasanya juga boleh seperti saat Bung Karno pidato, kan keren,” tegasnya.

Setelah selesai, video dapat diupload ke instagram dengan cara mention ke akun instagram @ganjar_pranowo. Jangan lupa, sertakan pula hastag #LombaPidatoBungKarno pada video yang diposting.Pastikan akun yang digunakan untuk mengupload video tidak diprivat. Karya lomba dikirimkan paling lambat 15 Juni 2021 pukul 00.00 WIB. Pemenang akan diumumkan pada 21 Juni 2021.

Kalau masih bingung, bisa menghubungi Bima Husadani (083865605761).Semoga muncul Soekarno Soekarno muda yang punya cara, pemikiran, dan ide-ide briliannya sendiri yang merepresentasikan kecintaan pada Indonesia,” katanya

Dicky

Bagikan:
Tags:

No Responses

Tinggalkan Balasan