Donor Darah Di Aula Balai Desa Banteran Kecamatan Wangon

Donor Darah Di Aula Balai Desa Banteran Kecamatan Wangon

Banyumas ( Kejarinfo ) – Palang Merah Indonesia Cabang Banyumas berkunjung ke Kantor Kepala Desa Banteran Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas pada 27 Juli 2021.

PMI Banyumas berkunjung ke Desa Banteran Kecamatan Wangon bertujuan untuk mengajak warga Desa Banteran Kecamatan Wangon melalui Kepala Desa Banteran Kecamatan Wangon agar ikut berpartisipasi melakukan donor pada 27 Juli 2021.

Donor Darah Sukarela yang akan dilaksanakan pada Selasa 27 Juli 2021 di Aula Balai Desa Banteran Kecamatan Wangon  yang akan mulai pada pukul 09.00 s.d selesai.

sehingga Kepala Desa Banteran Kecamatan Wangon Yulianto mengajak seluruh warga Desa Banteran Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas yang sudah memenuhi persyaratan agar mendonorkan darahnya.

“Warga Desa Banteran Kecamatan Wangon harus berpartisipasi aktiv dalam membantu sesama melalui donor, ini kesempatan petugas PMI Banyumas hadir Desa Banteran Wangon ” ujar kepala Desa  Banteran Kecamatan Wangon Yulianto

Donor darah tidak rugi untuk kita semua tetapi akan menambah kebugaran tubuh kita karena diibaratkan cuci darah setelah melalukan donor darah. Imbuh Kepala Desa Banteran Kecamatan Wangon Yulianto

Menurut petugas dari PMI Kabupaten Banyumas , hal yang perlu diperhatikan saat mendonor adalah kondisi kesehatan yang fit dengan berat badan minimal 45 kg dan usia sekitar 17 hingga 60 tahun.

Sebelum seseorang melakukan donor, petugas dari PMI akan mengecek terlebih dahulu apakah si pendonor kondisinya fit, sehingga layak untuk mendonorkan darahnya atau tidak.

Kegiatan donor darah adalah kegiatan sosial kemanusiaan yang sangat mulia.

Setetes darah dapat menjadi sangat berarti bagi hidup seseorang.

Donor darah juga dapat memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya.

Menurut salah satu petugas PMI Kabupaten Banyumas setidaknya ada 5 (lima) manfaat donor darah bagi pendonor, yaitu :

1.menjaga kesehatan jantung;

2.meningkatkan produksi sel darah merah;

3.membantu penurunan berat sel tubuh;

4.mendapatkan kesehatan psikologis;

5.mendeteksi penyakit secara dini.

“Anggapan yang mengatakan bahwa mendonorkan darah bisa membuat kita menjadi lemas adalah salah. Saat kita mendonorkan darah, maka tubuh akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya. Jadi kita tidak akan mengalami kekurangan darah”, ungkap Petugas PMI Kabupaten Banyumas

Pemerintah Desa Banteran Kecamatan Wangon mengucapkan banyak Terima kasih kepada para Pendonor yang telah secara sukarela menyumbangkan darahnya.

( Dicky Edyano Putra ).

Bagikan:
Tags:

No Responses

Tinggalkan Balasan