rombongan pejabat Pemerintah Kabupaten Tanggamus Bersihkan Pantai Hingga Tanam Pohon

rombongan pejabat Pemerintah Kabupaten Tanggamus Bersihkan Pantai Hingga Tanam Pohon

Kejarinfo.com – Wakil Bupati (Wabup) Tanggamus Hi. AM. Syafi’i beserta rombongan pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus melaksanakan bersih pantai yang sebelumnya melaksanakan penanaman pohon di area Taman Wisata Muara Indah (TWMI) yang berada di Kecamatan Kota Agung. Jumat (18/1/2019).

Kegiatan penanaman pohon & bersih pantai tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Indonesia & hari Sejuta Pohon yang selalu diperingati pada tanggal 10 Januari disetiap tahunnya. Dengan penuh semangat meski terik matahari mulai panas dirasa, Wabup Tanggamus yang didampingi oleh Asisten III Bidang Pemerintahan, Firman Ranie & perwakilan dari TNI, Basarnas, Pertamina dan Syahbandar masih tetap semangat dalam membersihkan segala macam jenis sampah yang berserakan dipinggir pantai.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tanggamus Kemas Amin Yusfi mengatakan, untuk kegiatan hari ini salah satunya adalah penanaman pohon dimana ada sekitar 21 pohon yang terdiri dari pohon ketapang laut, damar, pohon pala, sirsak dan jabon yang ditanam di area Taman Wisata Muara ini. Dimana tujuannya untuk konservasi lingkungan, jadi nantinya lokasi wisata pantai yang menjadi kebanggaan masyarakat Tanggamus ini menjadi teduh dan sejuk. Dan untuk penanaman pohon sudah dilakukan secara simbolis.

“Kalau kegiatan bersih pantai ini, seperti yang dikatakan pak Wabup tadi, yakni untuk memberikan motivasi kepada masyarakat untuk menciptakan & sadar akan tidak membuang sampah sembarangan yang berdampak pada pencemaran lingkungan. Karena seperti yang diketahui banyak sampah yang terlihat dan belum diketahui darimana asalnya. Mudahan mudahan masyarakat secara bertahap akan sadar akan kebersihan lingkungan,” jelas Kemas.

Sementara itu, Wabup mengatakan, selain memperingati hari Lingkungan hidup Indonesia & Penanaman Sejuta Pohon. Kegiatan bersih sampah di pesisir pantai teluk semaka ini sendiri sebagai bentuk perhatian dari Pemkab Tanggamus akan kebersihan lingkungan, sekaligus bisa menjadi contoh oleh masyarakat betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Karena sesuai dengan jargon yang ada yakni ‘Merusak alam berarti merusak rumah mu sendiri, Merawat lingkungan hari ini untuk kehidupan yang lebih baik esok hari membersihkan lingkungan hari ini untuk mendapat udara segara esok hari’.

“Memang setiap hari jumat kita selalu melaksanakan kegiatan rutin ini yang kita kemas menjadi kegiatan Jumpa Berlian yaitu jumat pagi bersihkan lingkungan sekitar. Yangmana kita ingin memberikan contoh kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan. Jika lingkungan kita bersih, maka aroma tidak sedap akan hilang, apalagi kebersihan pantai ini merupakan tanggung jawab kita bersama,” kata Pak Syafi’i sapaan akrabnya, seusai melaksanakan bersih sampah.

Wabup juga menambahkan bahwasanya kedepannya Pemkab Tanggamus akan memfasilitasi tong sampah dibeberapa titik, agar masyarakat nantinya bisa membuang sampah pada tempatnya. Dengan demikian, pencapaian kebersihan lingkungan bisa tercipta.”Kebersihan itukan sangat penting bagi kesehatan. Sadar akan kebersihan itu berawal dari kita sendiri,” kata orang nomor dua di Kabupaten berjuluk Bumi Begawi Jejama ini. (hasbuna)

Bagikan:
Tags:
banner 468x60

No Responses

Leave a Reply