Pertemuan Lintas Agama Di Vihara  Tian Hui Citra Raya

Pertemuan Lintas Agama Di Vihara  Tian Hui Citra Raya

Pada hari Rabu, 22 Januari 2020, diadakan acara pertemuan lintas agama se -Kecamatan Panongan. Pertemuan ini mengambil tempat di Vihara Tian Hui Citra Raya. Tema pertemuan ini adalah Harmoni Umat Beragama Menuju Kesejahteraan Bersama.

Hadir dalam acara ini antara lain adalah Kombes Ade Ary Syam Indradi (Kapolresta Tangerang), Letkol Inf Parada Tampubolon (Dandim 0510 Tigaraksa), Haji Ahmad Hidayat (Ketua Kesbangpol), Kyai Haji Maski (Ketua FKUB Kab Tangerang), Dicky Burhanudin (Sekcam Panongan), Kompol Sumaedi (Kapolsek Cikupa), Kompol Teguh, AKP Nana Supriatna (Kapolsek Panongan),  Kapten Inf Budi Nuryanto (Danramil 14 Panongan),  Haji Anwar (Ketua MUI Kecamatan Panongan), Bapak Darmawan (Ketua Vihara Tian Hui Citra Raya), Bapak Lay Kim (Ketua DPD Yayasan Pelita Dharma Kasih Banten), Ustad Maman (Ketua DKM Citra Raya),  Bapak Mansur (Lurah Mekar Bakti). Romo Felix Supranto, SS.CC & Romo Richard, SS.CC dari Gereja Katolik Santa Odilia Citra Raya, Pak Yon Aritonang dari Gereja Kristen Indonesia, Rudi (Khong Hu Cu), Bapak Bibit, para perwakilan dari berbagai agama dan elemen masyarakat lainnya, serta Ustad Abu Asirin sebagai pembawa acara (MC).

9

Pertemun itu dibuka oleh AKP Nana Supriatna, Kapolsek Panongan, selaku koordinator acara ini. AKP Nana Supriatna menyampaikan bahwa kehadiran para pimpinan daerah Kabupaten Tangerang dan para pimpinan Kecamatan Panongan serta para pimpinan dari berbagai agama ini pasti akan menciptakan harmoni antar umat beragama di Kabupaten Tangerang pada umumnya dan Kecamatan Panongan pada khususnya. Beliau juga menyampaikan bahwa salah satu wujud nyata dari harmoni ini adalah melakukan kegiatan sosial dan kemasyarakatan secara bersama-sama. Beberapa kegiatan yang telah dilasanakan dalam bingkai sinergitas antara Muspika Panongan dengan tokoh agama serta masyarakat  ini ditayangan agar dapat menjadi inspirasi para peserta yang hadir.

            Pentingnya harmoni sebagai jalan menuju kesejahteraan ini juga disampaikan dalam sambutan-sambutan. Bapak Lay Kim (Ketua DPD Yayasan Pelita Dharma Kasih Banten) meyakini bahwa kehadiran para pimpinan pemerintahan dan berbagai agama ini akan membawa keharmonisan dan akan mendatangkan kebajikan bagi semua. Kyai Haji Maski menyampaikan bahwa wujud nyata dari keharmonisan umat beragama adalah setiap warga negara dapat menjalankan ibadatnya dengan tenang dan damai. Letkol Inf Parada Tampubolon menyatakan bahwa salah satu cara untuk merealisasikan kebhinekaan adalah melalui silaturahmi. Silaturahmi akan menciptakan harmoni yang indah dalam kerukunan. Harmoni dalam kerukunan nyata dalam tindakan saling membantu. Buah dari saling membantu adalah kesejahteraan bersama.  Kesejahteraan akan menjadi pemenang dalam Indonesia maju. Kombes Ade Ary Syam Indradi mengajak kita semua agar kebersamaan yang indah ini harus kita pertahankan agar kita dapat mencapai kerukunan yang optimal. Untuk mempertahanan kebersamaan ini, kita harus memiliki cara berpikir yang baik. Cara berpikir yang baik akan menghasilkan perbuatan baik. Beliau juga memastikan bahwa para pimpinan daerah Kabupaten Tangerang menjamin warganya untuk dapar melaksanakan acara-acara keagamaan, terutama bagi umat Budha dan Khong Hu Cu yang akan merayakan Imlek dalam waktu dekat.

Pertemuan lintas agama ini ditutup dengan doa oleh Haji Anwar. Setelah doa,  acara dilanjutkan dengan  foto bersama.

Harmoni umat beragama menuju kesejahteraan dapat disimpulkan dalam kata-kata mutiara berikut ini :

Hidup itu bagaikan sebuah perjalanan yang jauh. Perjalanan yang jauh akan terasa ringan dan menyenangkan ketika ada kebersamaan. Demikian juga hidup kita. Hidup kita akan terasa indah, tenang, dan damai ketika dijiwai dengan kerukunan

 (Rin/ded)

Bagikan:
Tags:
banner 468x60
banner 468x60
banner 468x60

No Responses

Leave a Reply