Menengok Desa Wisata Religi di Pinggir Taman Nasional Ujung Kulon

Menengok Desa Wisata Religi di Pinggir Taman Nasional Ujung Kulon

Kejarinfo.com – Berbicara mengenai Taman Nasional Ujung Kulon tentu tak terlepas dari potensi wisata yang ada di sekelilingnya. Beberapa pulau seperti Pulau Peucang dan Pulau Panaitan yang berada di bagian barat Ujung Kulon juga diketahui menyimpan potensi wisata laut yang masih alami dan belum terjamah tangan manusia.

Namun, potensi wisata yang ada di wilayah Provinsi Banten ini tak hanya sebatas potensi biota laut. Sebuah desa yang berada di kawasan paling ujung Kabupaten Pandeglang, menyimpan sebuah potensi wisata yang tak kalah menariknya yaitu wisata religi yang kebetulan lokasinya berada persis di area taman nasional ujung kulon

Daerah tersebut bernama Desa cikaung girang berlokasi di rt. 02 rw 04 yang terletak di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang. Secara geografis, desa ini merupakan daerah kecil yang terletak di ujung pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan Taman Nasional Ujung Kulon.

Redaksi Kejarinfo.com, beserta rombongan berkesempatan mengunjungi desa cikaung girang, Begitu menginjakkan kaki disana, pemandangan yang terlihat sangat khas dengan suasana perkampungan yang dikelilingi pegunungan dimana jarak antara kampung dan desa pun tak begitu jauh.

“wisata jiarah religi yang berada di Desa cikaung girang, Kabupaten pandegelang Provinsi banten, merupakan tempat wisata yang diharapkan oleh warga setempat bisa dikembangkan sebagai destinasi wisata religi.

Menurut pengelola Desa cikaung girang, Rohman mengatakan banyak wisatawan datang kesini untuk sekadar berziarah karena secara kebetulan di sini terdapat sebuah petilasan yang diyakini warga sebagai makam syeh dahlan.(Eyang gentar bumi)

“Sebagian besar wisatawan yang datang merupakan warga dari luar provinsi banten,” kata rohman kepada jajaran tim redaksi kejarInfo.com jum’at 25 januari 2019

Lanjut rohman, pihaknya berencana mengembangkan tempat ini sebagai destinasi wisata religi. Selain itu ada daya tarik wisata lain yang bisa dikembangkan seperti air terjun dan lainya

Dirinya mengakui butuh proses lama untuk menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata religi, karena pihaknya masih kesulitan, dan tidak adanya bantuan dari pemerintah serta akses jalan menuju tempat wisata masih banyak kendala terutama bagian akses jalan yang rusak terutama jembatan kami sangat butuh perhatian dari pemerintah setempat, dan kami berharap kepada pemerintah terkait agar bisa bekerja sama dengan masyarakat cikaung girang untuk mengembangkan obyek wisata ini.”ungkapnya

“Warga juga percaya, makam syeh dahlan yang berada persis di area taman nasional ujung kulon, kalau pemerintah setempat mau mengembangkan tempat ini sebagai salah satu tempat wisata religi, ini akan menjadi tempat yang bakal ramai dikunjungi masyarakat untuk berjiarah baik di dalam maupun di luar provinsi Banten.

( Sopiyan )

Bagikan:
Tags: ,
banner 468x60

No Responses

Leave a Reply