Kwarcab Pramuka Kabupaten Tangerang Sosialisasikan Saka Kencana Tahun 2022

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang bersama Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Kabupaten Tangerang mensosialisasi Saka Kencana tahun 2022, bertempat di Aula Kwartir Cabang, Rabu (28/09).

Satuan Karya Pramuka Keluarga Berencana (Saka Kencana) adalah wadah pengembangan pengetahuan, disiplin, tanggungjawab, ketrampilan dan pembinaan dalam bidang Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Yang nantinya para Pramuka sendiri harus mengerti dalam bidang kependudukan dan keluarga berencana.

Peserta sosialisasi Saka Kencana adalah siswa/siswi SMA yang mewakili sekolahnya, sekaligus sebagai penegak dan pandega berjumlah 65 orang yang dihadiri oleh Kepala DPPKB dr Hendra Tarmidzi, Sekretaris kwarcab Pramuka Kabupaten Tangerang Dadang Sudrajat.

” Nantinya Saka Kencana sendiri akan terus memberikan pemahaman akan pentingnya ketahanan keluarga dan perencanaan berkeluarga, mereka yang jadi poinir nantinya,” ungkap Dadang saat membuka Sosialisasi saka kencana.

Lanjut Dadang, Gerakan Pramuka adalah gerakan pendidikan non formal yang bersifat sukarela, tidak memandang latar belakang etnis, suku, ras, agama, sehingga gerakan ini terbuka untuk semua golongan.

” Pendidikan kepramukaan bertujuan membentuk karakter kaum muda sehingga memiliki watak, kepribadian dan rasa kebersamaan, memiliki kepedulian yang tinggi untuk itu ketahan keluarga dimulai dari saat Pramuka,” kata Dadang.

dr. Hendra Tarmizi menambahkan Bidang Kependudukan Keluarga Barencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) harus terus ditingkatkan melalui gerakan Pramuka kita berharap dapat mengedukasi dalam menumbuhkan ketahanan keluarga

” Saka kencana yang nantinya memberikan pemahaman mulai dari pentingkannya perencanaan keluarga, kesehatan reproduksi dan perencanaan hidup sehat dalam keluarga,” jelas Hendra.

Sosialisasi ini diharapkan dapat mewujudkan kader pembangunan yang memahami dan trampil, serta dapat memberikan kontribusi positif dalam pembangunan Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera (NKKBS). (kwrtng)

Pos terkait