Kolonel Bakamla Salim ajak Generasi Milenial di Banten untuk memahami Jatidiri Bangsa Maritim

Kolonel Bakamla Salim ajak Generasi Milenial di Banten untuk memahami Jatidiri Bangsa Maritim

Kejarinfo.com – Dalam acara yang bertajuk Banten Sebagai Poros Maritim Nusantara yang diselenggarakan oleh Kolase Nusantara & Maritime Strategic Center. Kolonel Salim berpesan kepada generasi milenial agar memahami sejarah bangsanya sendiri, yakni jatidiri sebagai bangsa maritim.

Dalam Pemaparannya, Kolonel Salim juga menjelaskan tentang sejarah bangsa ini yang memiliki history kuat sebagai bangsa maritim. Khususnya bila menarik sejarah di era kerajaan majapahit dan sriwijaya. Namun bangsa ini sering abai terhadap jati diri bangsanya sendiri, selain itu penjajahan di era kolonial yang mengaburkan sejarah bangsa kita sebagai bangsa maritim, akibat era kontinental yang di bangun oleh kolonial.

Menurut beliau yang juga kini menjabat sebagai Plh Direktur Kerjasama Bakamla RI, penting bagi generasi milenial khususnya memiliki karakter seperti bangsa maritim. Yakni ciri bangsa yang tangguh dan berkarakter.

Kolonel Salim juga mengajak kepada generasi milenial untuk sama sama membangkitkan potensi maritim yang ada di Banten. Melihat sejarah panjang Banten Sebagai Pusat Peradaban Maritim di Ujung Barat pulau jawa. Dimana Cornelius De Hotman pernah singgah disini. Menandakan bahwa betapa hebatnya Tanah Banten Sebagai Pusat perdagangan internasional di masa lampau.

Selain di hadiri oleh Kolonel Salim, diskusi ini juga dihadiri oleh Iskandar Surya selaku pakar ekonomi kerakyatan yang juga berpesan kepada generasi milenial untuk memanfaatkan potensi maritim di Banten dari perspektif ekonomi kerakyatan, yakni prinsip ekonomi yang dibangun dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat. Agar masyarakat Banten bisa sejahtera.

Acara ini dipandu langsung oleh Asep Najmutsakieb selaku Direktur Kolase Nusantara, yang berpesan bahwa sudah saatnya Banten kembali Jaya dalam urusan maritim. Dan mengajak semua elemen untuk sama sama membangun Banten Sebagai Poros Maritim Nusantara.

Sopiyan

Bagikan:
Tags: ,
banner 468x60

No Responses

Leave a Reply