Kepala Suku : Minta Pemerintah Pusat Seriusi Pengajuan DOB

Kepala Suku : Minta Pemerintah Pusat Seriusi Pengajuan DOB

Keerom, Kejarinfo com, Ketua dewan adat suku (DAS) wilayah I Keerom, Isak Yunam Meminta Pemerintah Pusat seriusi aspirasi masyarakat di kawasan Perbatasan RI – PNG terkait permohonan Usulan Pemekaran Daerah Otonom Baru (DOB) Kabupaten Yaffi. hal itu di ungkapkan Ketua Dewan Adat Suku Lima Distrik se Wilayah Yaffi, Isak Yunam, usai pertemuan bersama Masyarakat Adat Yaffi, terkait pengusulan wilayah Yaffi ke dalam daftar DOB di Senggi(3/8/2021).

Di katakan, pengusulan pemekaran DOB bukan semata di lihat dari sisi politik pilkada kemarin, namun perlu kita pahami bahwa Kabupaten

Keerom ini sangat luas, sehingga kami yakin dari sisi anggaran juga tidak mungkin, dapat memenuhi semua kebutuhan masyarakat Keerom dari Alang – alang lima sampai Towe  di berbagai bidang pembangunan seperti, infrastruktur, ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial budaya dan lainnya.

dengan melihat hal tersebut, mengingat pemerataan Pembangunan harus terwujud hingga  kepada masyarakat kecil, maka kami memohon kepada pemerintah pusat, Dirjen Otonomi daerah, Mentri Dalam Negri, Menkopolhukam, bahkan Presiden RI, bahwa kami titip harapan Mastarakat yaitu Yaffi harus menjadi salah satu Daerah Otonom Baru (DOB)terlepas dari Kabupaten Keerom sebagai Kabupaten Induk.

Menurut Isak Yunam, semua persyaratan kami sudah lengkap dan telah di tangani Tim Kerja Pemekaran Daerah Otonom Baru, (DOB)sehingga kami bersama masyarakat di wilayah Calon DOB hanya menunggu Keputusan Pemerintah Pusat.

Undang undang jilid II pada intihnya kami tetap tolak, walau ada sejumlah intelektual yang sedang berusaha melakukan negosiasi guna membujuk Rakyat. Intihnya kami tunggu pemerintah pusat jawab aspirasi kami..

lebih jauh ia menambahkan, setelah.memahami.kondisi wilayah, jarak tempuh, dukungan infrastruktur pembangunan, yang belum memberikan keberpihakan kepada   masyarakat lokal, serta guna memperpendek jarak pelayanan kepada masyarakat, kami sebagai pimpinan adat di wilayah ini, memohon kepada pemerintah pusat untuk menjawab aspirasi kami.

Kami di Perbatasan antar   Negara dan kami selama ini, menjaga kedaulatan NKRI walau sejumlah aspek pembangunan belum menyentuh kami, kini saatnya kami memohon kepada pemerintah pusat untuk mekarkan wilayah kami menjadi wilayah Daerah Otonom Baru (DOB). Tutupnya(NAB)

Bagikan:
Tags:

No Responses

Tinggalkan Balasan