Drainase tanpa plang”Diduga proyek siluman

Drainase tanpa plang”Diduga proyek siluman

Tangerang – Pembangunan drainase (saluran pembuangan air) guna menampung air hujan dan limbah rumah tangga masyarakat dijalan sodong Desa Talaga Kecamatan cikupa menuai kritikan dari masyarakat.

Pasal nya,satu drainase yang dibangun dijalan sodong sepanjang lebih kurang 50 meter tidak ada pembuangan/saluran ke tempat yang lain atau menuju kesaluran parit yang mengalir.
Pembangunan drainase tersebut tanpa menggunakan plang/papan nama yang dikerjakan lebih kurang pada Awal bulan januari 2020 lalu hingga kini pengerjaan nya belum juga selesai.

Sejumlah wartawan mencoba menghubungi via telephon seluler yang diduga sebagai pemborong tersebut untuk konfirmasi dengan nomor hp 0813 87 14 XXXX namun sekedar janji palsu.

Diwaktu yang lain,wartawan dihubungi pengawas pekerjaan tersebut atas nama mumu,ketika ditanyakan siapa pemborong nya,mu menyebut desa.,kemudian ketika ditanya kenapa tidak dipasang papan proyek pekerjaan nya,mumu menjawab nunggu papan proyek dri desa yang belum jadi.
Terpisah,Adang senopati ketika diminta komentar nya terkait ada nya dugaan ” Proyek Siluman ” memaparkan ” Jika proyek tersebut menggunakan dana yang bersumber dari APBD Kabupaten,kan menggunakan keuangan negara,jadi wajarkan kalau proyek tanpa plang/papan nama disebut ” Proyek Siluman kata adang.

Lebih lanjut adang menegaskan ” Kewajiban memasang plang/papan nama tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010 dan Perpres Nomor 70 Tahun 2012. Selain itu ada Permen PU No.12 Tahun 2014 tentang pembangunan drainase kota,infrastruktur,jalan dan proyek irigasi.

Regulasi ini mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek “.
Masih adang dalam penjelasan nya ” Pentingnya informasi papan nama tersebut di antaranya memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pengerjaan proyek.

Dengan adanya plang/papan nama proyek itu, masyarakat dapat mengawasi secara langsung pengerjaan proyek yang ada di daerah nya masing – masing,dan hendaknya plang nama sudah harus dipasang dilokasi sejak awal dimulainya kegiatan.

Red

Bagikan:
Tags: , ,
banner 468x60
banner 468x60
banner 468x60

No Responses

Leave a Reply