Bupati Hadiri Launching SIPPKD Provinsi Lampung

Bupati Hadiri Launching SIPPKD Provinsi Lampung

Kejarinfo.com – Bupati Tanggamus Dewi Handajani SE MM, menghadiri kegiatan Launching Sistem Informasi Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPPKD) di Balai Keratun, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Bandar Lampung.

Kegiatan Launching dibuka langsung oleh Ketua KPK Agus Raharjo, didampingi Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, Wakil Gubernur Bachtiar Basri dan Ketua DPRD Provinsi Lampung Dedy Afrizal.

Turut hadir perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Bupati/Walikota, para Rektor, Anggota Forkopimda, dan berbagai pimpinan organisasi vertikal di Provinsi Lampung, serta Kepala Bappeda dan Kepala Dinas PPKAD Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

Gubernur dalam sambutannya mengatakan, bahwa dengan adanya Aplikasi SIPPKD dapat meringankan kerja sekaligus mengefisienkan penyusunan RAPBD agar lebih maksimal untuk kepentingan rakyat.

“Dulu saya beserta jajaran sampai harus begadang untuk memastikan bahwa RAPBD yang kita susun memang benar-benar efektif dan efisien untuk kepentingan rakyat. Nah sekarang dengan adanya Aplikasi ini semoga dapat lebih efektif lagi, lebih efisien, supaya tidak ada kebocoran dan kita dapat bekerja lebih maksimal untuk kemajuan masyarakat,” katanya.

Gubernur Ridho juga menegaskan, bahwa pengendalian dalam perencanaan memiliki peran yang sangat penting. “Pengendalian dalam perencanaan adalah yang paling penting, ketika kita gagal dalam membuat perencanaan, maka kita telah merencanakan kegagalan,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia Agus Rahardjo, memberikan apresiasi tinggi atas keberanian Pemerintah Provinsi Lampung melalui Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo untuk melakukan transparansi dan efisiensi tata kelola anggaran pemerintahan. “Yang outputnya untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat Lampung, dengan melakukan Launching Sistem Informasi Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPPKD) ini,” jelas Agus.

Menurutnya dengan adanya SIPPKD ini, merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh pimpinan daerah untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat luas. “Jadi SIPPKD ini merupakan salah satu cara untuk mewujudkan sistem yang lebih bagus, optimal dan inovatif. Dan yang lebih penting itu transparansi dan dapat menggandeng masyarakat untuk memberikan masukan, sehingga yang namanya konsep open governance itu pelan-pelan kita wujudkan di negara kita,” ujar Agus.

Launching sendiri ditandai dengan pemukulan Gong oleh Ketua KPK Agus Raharjo didampingi Gubernur Lampung Ridho Ficardo.

Selanjutnya usai kegiatan launching, dilakukan pemaparan oleh Bupati dan Walikota se Provinsi Lampung, yang dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Lampung di Ruang Pusiban Kompleks Kantor Gubernur lampung. Dimana Bupati Tanggamus mempresentasikan penerapan SIPPKD di Kabupaten Tanggamus.

( Hasbuna )

Bagikan:
Tags:
banner 468x60

No Responses

Leave a Reply