Basarnas Latih Vertical Rescue Pada ASN Kementerian Perhubungan

Basarnas Latih Vertical Rescue Pada ASN Kementerian Perhubungan

Tangerang – Bencana dapat terjadi kapan saja dan secara tiba-tiba, kita tidak bisa meramalkan kejadian tersebut maupun dengan alat secanggih apapun itu. Meskipun demikian kejadian bencana selalu memberikan dampak kejutan dan menimbulkan banyak kerugian baik jiwa maupun materi.

Kekuatan tersebut terjadi karena kurangnya kewaspadaan dan kesiapan dalam menghadapi ancaman / bahaya. Oleh karena itu perlu cara penanggulangan sebelum, disaat dan setelah kejadian agar tidak terjadi kerugian yang semakin besar baik korban, harta, maupun psikologinya.

Untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, dalam hal ini Basarnas mempunyai tugas untuk melakukan pembinaan terhadap unsur potensi di bidang search and rescue. Hal ini kemudian dilakukan dengan memberikan pelatihan search and rescue bagi Aparatur Sipil Negara dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Pelatihan yang dilaksanakan dari tanggal 23 hingga 26 April 2019 ini berlokasi di Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta Jln. Marsekal Suryadharma, Tangerang. Pelatihan ini melibatkan kurang lebih 60 personil dari berbagai bagian yang ada di Kementerian Perhubungan.

“Pelatihan SAR ini melibatkan instruktur SAR yang memiliki kualitas untuk memberikan pelatihan penyelamatan pada ketinggian, setidaknya mereka bisa memahami bagaimana melakukan proses evakuasi di gedung bertingkat.” Tegas Hendra Sudirman, S.E., M.Si., Kepala Kantor SAR Jakarta.

Materi yang diajarkan terdiri dari Medical First Respondence (MFR) dimana peserta diajarkan bagaimana melakukan pertolongan pertama kepada korban. Kemudian Vertical Rescue yang mengajarkan peserta untuk mampu menguasai teknik pertolongan pada medan ketinggian.

Hendra berharap semoga pelatihan ini dapat memberikan pengetahuan yang cukup oleh peserta dan dapat mengaplikasikannya nanti apabila terjadi kejadian di lingkungan kerjanya.

(UJ)

Bagikan:
banner 468x60

No Responses

Leave a Reply