Tingkatkan Kemampuan Wartawan, JTR gelar Pelatihan Jurnalistik

Tingkatkan Kemampuan Wartawan, JTR gelar Pelatihan Jurnalistik

TANGERANG – Dalam upaya untuk meningkatkan kinerja Jurnalis yang cerdas dan professional, Himpunan Jurnalis Tangerang Raya (JTR) menggelar pelatihan bagi wartawan yang akan mengikuti KLW dan UKW tahun ini, selain dituntut untuk lebih mengenal etika jurnalistik, pewrarta juga harung mengenal lebih jauh tentang makna isi kandungan Undang undang Pers No.40 tahun 1999,bahakan harus mampu untuk bersaing pada jaman yang serba cepaat dalam menggunakan peralatan yang serba canggih, kegiatan diselenggarakan disekwrtarian JTR di jln Ahmad Yani Pemda lama sabtu (14/03/2020)

Penggerak himpunan Jurnalis Tangerang Raya, Ayu Kartini siap membina dan mengarahakan para Pewarta untuk selalu mengedepankan etika jurnalis bahakan harus memahami isi kandungan yang ada di dalam Undang undang pers, dengan itu setiap jurnalis harus mampu untuk bersaing dan menjadi insan jurnalis yang cerdas dan profesiona. Lanjut ayu dirnya tidak bosan bosan selalu memberikan arahan dan penjelasan kepada Wartawan yang akan masuk dalam wadah himpunan JTR untuk ikuti Karya latih wartawan (KLW) dan Uji Kopetensi Wartawan) yang di laksanakan PWI Banten, karana kita akan mendapatkan ilmu tentang kewartawanan serta mampu untuk memahami kode etik jurnalistik lebih baik lagi.

Dirinya, juga berpesan kepada anggota JTR, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk terus beljar dan penguasaan ilmu di bidang jurnalis, karena, pada kenyataannya, media juga membutuhkan pekerja yang profesional di bidang tertentu.Artinya, seorang jurnalis juga dituntut profesionaI atau memiliki kompetensi di bidang tertentu, media masa tempat wartawan bekerja membutuhkan insan-insan pers yang mumpuni dibidangnya” pesan ayu Kartini

Pelatihan jurnalistik kali ini di isi dengan dengan bagaimana cara menulis berita yang baik sesuai dengan 5W1H atau Piramida terbalik yang sering kita kenal. Selain itu wartawan atau pewarta adalah seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik atau orang yang secara teratur menuliskan berita (berupa laporan) dan tulisannya yang dikirimkan atau dimuat di media massa masing masing secara teratur oleh Pembina SKU Mingguan dan Pimpinan Perusahaan SuluhNews.co.id R. Herwanto. BSc.

Dalam pemaparannya, R.Herwanto mengahruskan kepada pewrta harus mampu dan bisa untuk membuat laporan yang dapat dipublikasi dalam media massa baik koran, televisi, radio, majalah, film dokumentasi, atau media Daring atau online yang berbasis internet, Wartawan atau jurnalis juga di tuntut untuk mencari sumber mereka sendiri yang akan di muat kedalam tulisan atau naskah berita, yang akan di sesrahkan kepada editor atau pimpinan redaksinya.

R. Herwanto juga berharap, selain memahami etika jurnalisti dan pemberitaan, wartawan juga harus memahmi dan mengenal karakteristik pers situ sendiri ada lima fungsi pers dan lima karakteristik tentang pers, keliama fungsi pers itu sendiri sepereti Informasi,Edukasi,Koreksi,Rekreasi dan Mediasi dan jangan lupa juga Lima karakteristik pers baik sebagai Periodesitas,Publisitas,Aktualitas sserta Universalitasnya, harapnya kepada anggota yang terhimpun di dalam Jurnalis Tangerang Raya. (Dedy)

Bagikan:
Tags:
banner 468x60
banner 468x60
banner 468x60

No Responses

Leave a Reply