Kades Talaga H.Nasarudin.SH Ajak Warga Bersihkan Lingkungan di Hari Peduli Sampah Nasional

Kades Talaga H.Nasarudin.SH Ajak Warga Bersihkan Lingkungan di Hari Peduli Sampah Nasional

KEJARINFO.COm – Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap tanggal 21 Februari, mengingatkan adanya bencana lingkungan, awal terlaksananya gerakan nasional Indonesia bebas sampah dimana baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, organisasi non pemerintah, komunitas di Kabupaten/Kota, dan berbagai individu yang memiliki kepedulian terkait persoalan sampah, serentak melalukan kerja bakti nasional di masing-masing wilayah. Minggu 21/2/2021

Aktivitas memilah ataupun mendaur ulang sampah belum banyak dilakukan oleh rumah tangga Padahal salah satu aktivitas reduce, reuse, recycle  tersebut menjadi langkah awal untuk memulai ekonomi sirkular.

Pemerintah mengajak masyarakat untuk mengelola sampah agar bernilai ekonomis dan mengembangkan industri pengelolaan sampah, seperti pengumpulan, pengangkutan, alat dan mesin pengolah sampah, daur ulang, composting, biogas, serta energi alternatif dari sampah.

Paradigma sampah sebagai sumber daya ekonomi sudah dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. Pengelolaan sampah tersebut dilakukan dengan pendekatan komprehensif dari hulu, sebelum dihasilkan produk yang berpotensi menjadi sampah. Selanjutnya ke hilir, pada fase produk sudah menjadi sampah, bisa dikembalikan lagi ke lingkungan secara aman.

Pengelolaan sampah dengan paradigma baru tersebut dilakukan dengan kegiatan pengurangan dan penanganan sampah. Pengurangan sampah sedikit banyak mulai dilakukan, tetapi penanganan sampah belum menjadi aktivitas yang umum dilakukan masyarakat.

H.Nasarudin selaku kepala desa Talaga mengajak warga agar tidak membuang sampah sembarangan baik dipinggir jalan maupun di saluran air atau sungai karena selain pencemaran tentunya bisa mengakibatkan kebanjiran disebabkan tumpukan sampah, dirinya bersama warga bersih bersih dilingkungan RT 04 RW 02 RT 06 Rw 02 dan RT 03 RW 02 desa Talaga.

Terkait sampah tersebut sebenarnya sudah sering di bersihkan, namun kurangnya kesadaran warga terhadap lingkungan sehingga masih membuang sampah di sembarang tempat seperti dipinggir jalan. Kegiatan bersih-bersih ini dalam rangka memperingati hari peduli sampah nasional. (DEDI)

Bagikan:
Tags: , ,
banner 468x60

No Responses

Leave a Reply